God Is My Boss

Antara Dunia, Manusia dan Tuhan

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Secara Alami

tips & info

sistem kekebalan tubuh


Saat musim hujan, tingkat kekebalan tubuh seseorang akan diuji oleh beberapa gangguan kesehatan. Seperti timbulnya sakit flu, batuk, demam, sakit perut dan beragam permasalahan kesehatan lainnya. Penyebabnya adalah karena sistem kekebalan tubuh kita sedang menurun.

Jadi alangkah baiknya sebelum terkena beragam jenis penyakit yang disebutkan diatas, kita harus menjaga kesehatan kita. Salah satu caranya pencegahannya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar virus dan bakteri tidak mudah menyerang.

Ada banyak sekali sumber makanan yang dapat anda konsumsi sehari-hari agar tubuh tidak mudah sakit. Salah satunya bisa kita dapatkan dari jenis buah-buahan dan sayuran. Agar lebih jelas, berikut kami rangkum buah dan sayuran yang dapat membantu menjaga kesehatan Anda.

Buah dan Sayuran Peningkat Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan hal penting yang harus kita pertahankan karena ini menyangkut akan kesehatan tubuh. Selain melakukan olahraga secara teratur dan menerapkan pola hidup sehat, anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan sayur dan buah-buahan.

Diantara jenis buah dan sayuran tersebut adalah :

1. Ubi Jalar

Ubi jalar sangat tinggi kandungan vitamin A yang berupa beta karoten. Seperti kita ketahui bersama bahwasanya manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak. Peranan vitamin bagi kesehatan adalah untuk menangkal beragam jenis penyakit yang mengancam.

2. Buah Berry

Segala jenis buah berry seperti strawberry, blueberry, raspberry dan lainnya mengandung vitamin C dan vitamin E yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam vitamin C tersebut terkandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

3. Jamur

Makanan ini tentu sudah tidak asing lagi sebab saat ini jamur sudah mulai dibudidayakan di beberapa tempat. Salah satu manfaat jamur bagi kesehatan adalah dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Sehingga secara tidak langsung dapat melawan beragam jenis penyakit yang mengancam.

4. Daun Kelor

Akhir-akhir ini, daun kelor mulai naik daun. Dan bahkan tanaman ini mendapatkan julukan miracle tree atau pohon ajaib. Khasiat daun kelor bagi kesehatan sangatlah banyak, dan para peneliti menyebutkan jika kelor memiliki kemampuan mengobati lebih dari 300 jenis penyakit.

Cara terbaik mengkonsumsi daun kelor adalah dibuat minuman teh. Khasiat teh daun kelor bagi kesehatan antara lain mencegah kanker, mengobati jantung, menyembuhkan diabetes, meningkatkan sistem imun tubuh dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Wortel

Manfaat wortel bagi kesehatan hampir sama dengan ubi jalar. Kandungan beta karoten di dalamnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga segala jenis penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Seperti penyakit flu dan batuk.

6. Bawang Putih

Ternyata bumbu dapur yang selama ini kita jadikan bahan masakan juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Anda bisa memasukkan bawang putih ke campuran bumbu masakan yang anda masak agar kekebalan tubuh bisa meningkat.

7. Sayur Bayam

Di dalam sayur bayam terdapat kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam folat dan beta karoten. Di dalam sayur bayam juga ditemukan zat besi dan tembaga yang fungsinya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Buah Kiwi

Kiwi adalah buah yang tinggi akan kandungan vitamin E-nya. Peran vitamin E dalam kiwi adalah untuk membasmi virus dan bakteri yang menjadi pemicu timbulnya penyakit.

9. Lemon

Air perasan lemon sangat tinggi akan kandungan vitamin C. Fungsinya adalah sebagai antioksidan untuk melindungi kesehatan tubuh dari kerusakan karena radikal bebas. Cara terbaik mengkonsumsi air lemon adalah dengan mencampurnya ke dalam minuman air putih dan bisa kita minum sehari-hari. Inilah yang disebut infused water lemon.

Tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saja, infused water lemon juga sangat ampuh menurunkan berat badan. Jadi para pejuang diet sangat dianjurkan mengkosumsi air lemon yang dicampur dengan air putih hangat dan dikonsumsi setiap hari secara rutin dan teratur.

Selain buah dan sayur yang disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi jenis lainnya yang menjadi sumber kesehatan tubuh. Tapi sembilan jenis diatas sudah mewakili yang lainnya. Jadi jangan sampai anda tidak mengkonsumsinya setiap hari.


  • Artikel (tips & info)dari kategori yang sama
    Oleh-Oleh Haji Dan Umroh
    Oleh-Oleh Haji Dan Umroh(2018-03-30 13:58)




    削除
    Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Secara Alami