God Is My Boss

Antara Dunia, Manusia dan Tuhan

Manfaaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan

Kesehatan

Lemon termasuk salah satu jenis buah yang multiguna. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, tapi jeruk lemon juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa dalam dunia kecantikan, salah satunya adalah untuk meremajakan kulit wajah.

Dalam dunia medis, lemon biasa diambil airnya dan dikonsumsi sebagai minuman yang menyegarkan. Terkadang ada yang mengkonsumsinya dengan cara dicampur dengan air hangat dan madu.

Pemanfaatan buah lemon dalam dunia kesehatan ini sudah dilakukan sejak dulu. Pada tahun 1747, lemon sudah sering dikonsumsi untuk memerangi beragam penyakit. Ini dikarenakan dalam lemon terdapat banyak kandungan vitamin C yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Vitamin C ini juga berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen yang terdapat di dalam tubuh. manfaat kolagen sangat baik bagi kecantikan wajah dan dapat mencegah penyakit sesak nafas.

Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Berikut dibawah ini kami rincikan apa saja manfaat buah lemon bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Diantaranya adalah :

1. Menjadikan kulit lembab

Seperti kita ketahui bersama bahwasanya tubuh kita mengandung 60% air. Sistem metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar jika kita dapat mencukupi kebutuhan air setiap hari, minimal 8 gelas.

Nah, lemon yang juga sebagian besar terdiri dari air sangat bagus untuk dikonsumsi sehari-hari untuk menghidrasi tubuh supaya cukup akan kebutuhan air. Dengan menambahkan lemon kepada minuman sehari-hari, maka tubuh akan mendapat beragam gizi dan nutrisi yang banyak.

Seperti contoh vitamin C pada lemon yang dapat melembabkan kulit yang kering. Dengan mengkonsumsi lemon secara rutin maka kulit akan terbebas dari kekeringan.

2. Menurunkan berat badan

Khasiat jeruk lemon yang berikutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Senyawa pada lemon yang berperan penting dalam diet sehat adalah polifenol. Zat ini memilikii kemampuan untuk mencegah pertumbuhan lemak di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan kalium pada lemon dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan memperlancar sistem pencernaan. Begitu juga dengan vitamin C pada lemon dapat membakar lemak di dalam tubuh dan jauh lebih efektif bila dibandingkan berolahraga.

3. Membuang racun dalam tubuh

Sama seperti halnya buah lainnya yang berasa asam, lemon mengandung pektin yang sangat banyak. Senyawa pektin inii berupa serat yang sangat baik bagi sistem pencernaan. Pektin yang terdapat di dalam lemon lebih banyak bila dibandingkan dengan jenis buah jeruk yang lainnya.

Selain itu, senyawa asam sitrat di dalam lemon berfungsi untuk menghancurkan makanan sehingga akan mudah melewati sistem pencernaan. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahsanya minuman yang dicampur dengan lemon akan menjadikan efek tahan lama.

Air perasan jeruk lemon ini dapat memproduksi enzim yang dapat membuang racun di dalam tubuh. Proses detoksifikasi alami tubuh akan bekerja secara optimal sehingga tubuh akan terbebas dari ancaman penyakit.

4. Mengatasi bau mulut

Menurut sebuah penelitian, bau mulut ini dialami sekitar 25% penduduk dunia. Meskipun bukan termasuk jenis penyakit yang membahayakan tubuh, orang yang mengalami bau mulut akan merasa tidak nyaman dan minder ketika bertemu dengan orang lain.

Kandungan asam yang terdapat pada lemon dapat berguna untuk membasmi bau mulut. Caranya yaitu dengan membersihkan bakteri yang menjadi penyebab bau mulut tersebut. selain itu, manfaat jeruk lemon juga dapat mempersehat gigi dan gusi.

5. Mencegah batu ginjal

Kegunaan lemon yang berikutnya adalah dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Peranan zat asam pada lemon berperan penting untuk mencegah terjadinya penumpukan kalsium oksalat pada ginjal.

Selain itu, lemon juga menjadi antiseptik alami yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada ginjal. Rasa sakit yang disebabkan karena infeksi ginjal akan dikurangi dengan maksimal sehingga penderita batu ginjal tidak akan merasakan nyeri.

6. Mencegah stroke dan kanker

Para pakar kesehatan menyebutkan bahwasanya para wanita yang sering mengkonsumsi air perasan lemon akan menurunkan ancaman penyakit stroke iskemik. Caranya yaitu dengan memperlancar aliran darah ke dalam otak.

Sel kanker juga dapat dicegah perkembangannya di dalam tubuh. seperti kanker payudara, kanker paru-paru dan yang lainnya. Air lemon ini jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan kemoterapi yang banyak memiliki efek samping.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat buah lemon bagi kesehatan tubuh manusia. Seperti memperkuat sistem imun tubuh, meremajakan kulit wajah, menjadikan lebih awet muda dan masih banyak lagi yang lainnya.



  • Artikel (Kesehatan)dari kategori yang sama



    削除
    Manfaaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan