God Is My Boss

Antara Dunia, Manusia dan Tuhan

Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

Kesehatan

Di negara Indonesia, ada banyak penyebutan dari tanaman pegagan, seperti tanaman kaki kuda dan antanan. Nama latin dari tanaman pegagan ini adalah centella asiatica. Tanaman pegagan ini seringkali dimanfaatkan daunnya sebagai pengobatan herbal sebab di dalam daun pegagan ada banyak sekali kandungan senyawa yang berkhasiat sebagai penyembuh penyakit.

Manfaat daun pegagan ini tidak lain dikarenakan kandungan zat antara lain kalsium, natrium, magnesium, antioksidan, antikanker, antibakteri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beragam Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Agar lebih jelas, berikut di bawah ini beberapa khasiat daun pegagan yang bisa Anda coba konsumsi di rumah untuk pengobatan beragam penyakit. Diantaranya adalah :

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Senyawa yang terdapat di dalam daun pegagan memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara memperlebar pembuluh darah sehingga sirkulasi darah akan menjadi lancar.

Caranya adalah dengan mengambil 15 daun pegagan yang masih segar, kemudian cuci dengan air mengalir sampai bersih. Rebus dengan 2 gelas air dan diamkan hingga air rebusan menjadi 1 gelas saja. Konsumsi ramuan air rebusan daun pegagan tersebut 2 kali sehari.

2. Mengobati demam

Panans demam yang sering diderita oleh anak juga bisa diatasi dengan ekstrak daun pegagan. Caranya adalah dengan menumbuk halus beberapa lembar daun pegagan dan kemudian tambah air. Saring dan konsumis air daun pegagan yang masih segar tersebut.

3. Menyembuhkan ambeien

Ambeien atau wasir termasuk jenis penyakit hemoroid yang ditandai dengan gejala timbulnya benjolan pada bagian anus. Agar benjolan tersebut cepat mengempes maka coba konsumsi air rebusan daun pegagan secara rutin setiap hari.

4. Mengatasi bisul

Untuk mempercepat proses penyembuhan bisul maka Anda juga bisa memanfaatkan daun pegagan sebagai obat alternatif. Selain dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun pegagan, anda juga bisa membalurkan daun pegagan yang sudah ditumbuk halus ke bagian tubuh yang ditumbuhi bisul.

5. Penambah nafsu makan

Daun pegagan juga bisa diramu menjadi minuman teh. Manfaat teh daun pegagan ini sangat bagus untuk menambah nafsu maka. Selera makan yang hilang bisa Anda atasi dengan minum teh daun pegagan secara teratur.

6. Mengobati batuk dan pilek

Air rebusan daun pegagan juga berkhasiat untuk meredakan batuk dan pilek. Senyawa yang terkandung didalamnya diyakini mampu mengusir virus dan bakter penyebab batuk dan pilek tersebut.

7. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat daun pegagan yang berikutnya adalah untuk mempersehat sistem pencernaan di dalam tubuh. Bagi Anda yang susah buang air besar, susah buang air kecil, diare dan sejenisnya maka konsumsi daun pegagan yang dicampur dengan madu setiap hari secara rutin dan teratur.

8. Menyembuhkan luka

Untuk mempercepat proses penyembuhkan luka maka Anda juga bisa mengkonsumsi air rebusan daun pegagan. Ada banyak jenis luka yang akan cepat disembuhkan oleh daun pegagan, seperti luka bakar, borok dan luka lainnya.

9. Mengatasi stres dan depresi

Bagi anda yang memiliki beban pikiran yang berat maka dapat menyebabkan timbulnya stres dan depresi. Kemampuan daun pegagan ini berkhasiat untuk meredakan stres yang Anda alami.

Di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang dapat menenangkan pikiran sehingga stres tidak akan lagi hinggap. Depresi dan beban pikiran juga akan hilang dengan sendirinya berkat manfaat daun pegagan ini.

10. Obat lepra dan campak

Penyakit lepra dan campak juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun pegagan. Anda bisa mengkonsumsi daun pegagan dengan cara dimasak setengah matang dan dijadikan makanan lalapan.

11. Pengobatan liver

Manfaat berikutnya adalah untuk mengobati hati atau liver. Ini juga berfungsi untuk menjaga sel hati agar tidak mengalami kerusakan serta meregenerasi sel yang telah rusak.

Efek Samping Daun Pegagan

Bila dikonsumsi sesuai aturan, daun pegagan ini tidak menimbulkan efek samping tertentu. Namun sebaiknya ibu hamil jangan mengkonsumsi air daun pegagan sebab ditakutkan terjadi gangguan pada bayi yang sedang berada di dalam kandungan.

Itulah beberapa manfaat daun pegagan yang bisa Anda buktikan dan coba di rumah. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan informasi kepada anda yang sedang mencari pengobatan herbal alami.



  • Artikel (Kesehatan)dari kategori yang sama



    削除
    Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan