God Is My Boss

Antara Dunia, Manusia dan Tuhan

Cara Menurunkan Berat Badan Agar Ideal Dan Proporsional

Diet

Termasuk bagian penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi adalah dengan memiliki berat badan yang ideal atau proporsional. Hampir setiap orang menginginkan berat badan yang ideal dan jika sedikit saja kelebihan berat badan maka mereka akan melakukan berbagai usaha untuk menurunkan berat badannya hingga menjadi ideal.

Tapi banyak orang yang masih belum mengerti berapa sih sebenarnya berat badan ideal itu? Apakah hanya mengukur berdasarkan timbangan atau juga ditentukan dengan tinggi badan dari orang tersebut?

Organisasi kesehatan dunia WHO mengatakan bahwasanya ada beberapa standarisasi yang harus dipenuhi oleh orang yang menginginkan berat badan ideal. Ada juga cara menghitung berat badan ideal yang menjadi patokan di seluruh dunia, seperti rumun Bond Mess Index dan rumus Brocha untuk menentukan berat badan ideal yang sebenarnya.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Memakai Rumus

Bagaimana sih cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus BMI atau Brocha? Sebenarnya cara menghitungnya tidaklah terlalu rumit dan dapat anda lakukan sendiri di rumah. Mari kita akan bahas satu per satu.

1. Rumus BMI

Index Massa Badan atau lebih populer dengan sebutan Rumus BMI seringkali menjadi acuan untuk penentuan berat badan ideal seseorang. Ini lebih mengedepankan penghitungan berat badan dengan mengukur tinggi badan terlebih dahulu.

Jadi sebelum menggunakan rumus BMI anda sebaiknya mengukur tinggi badan Anda terlebih dahulu karena nantinya akan dimasukkan ke dalam rumus. Rumusnya adalah :

Berat badan (kg) : 9tinggi badan x tinggi badan) = Berat Badan Ideal

Dan hasil dari penghitungan berat badan ideal menurut standarisasi BMI tersebut dicocokkan dengan tabel nilai yang dipatok oleh BMI

2. Rumus Brocha

Jika anda ingin menghitung berat badan ideal menggunakan rumus brocha maka silahkan simak rumus yang akan digunakan :

Berat Badan Ideal = (tinggi badan – 100)-(15% x (tinggi badan -100))

Diantara kedua rumus tersebut anda boleh memilih mana yang cocok dan sesuai dengan selera anda. Karena yang terpenting adalah anda harus memiliki berat badan yang proporsional dan jangan sampai kelebihan berat badan, apalagi mengalami obesitas. Itu dapat memicu timbulnya penyakit serius.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Salah satu cara efektif untuk menurukan berat badan dengan cepat adalah dengan melakukan kebiasaan sehari-hari yang benar, seperti contoh kebiasaan sebelum tidur. Banyak para pakar kesehatan yang mengatakan bahwa kebiasaan menjelang tidur dapat mempengaruhi berat badan menjadi bertambah.

Seperti contoh tidur telanjang, menghirup aroma buah anggur dan mengonsumsi beberapa jenis makanan ringan yang dapat membakar lemak yang tertimbun di dalam tubuh. Anda penasaran apa saja tipsnya, yuk simak selengkapnya dibawah ini.

1. Tidur telanjang

Tips pertama adalah tidur telanjang pada malam hari. Ini sangat membantu keefektifan untuk menurunkan berat badan. penyebabnya adalah karena suhu udara yang ada di sekitar kita ikut membantu membakar kalori dan lemak yang berada di dalam tubuh.

Saat kita mengalami kedinginan pada malam hari menjadikan tubuh akan menggunakan lemak untuk membuat tubuh menjadi panas. Jadi lemak tersebut menjadi bahan bakar untuk melawan rasa dingin pada malam hari. Keadaan ini juga dapat membuat metabolisme tubuh jadi semakin meningkat.

2. Ngemil menjelang tidur

Ngemil menjelang tidur juga dapat membantu proses penurunan berat badan dengan maksimal. Tapi yang perlu diperhatikan adalah bahwasanya jenis camilan yang kita konsumsi tersebut tidak banyak mengandung kalori serta menghindari jenis makanan cepat saji.

Makanan yang cocok dikonsumsi menjelang tidur adalah sereal, biskuit gandum, yoghurt dan roti panggang selai kacang.

3. Olahraga ringan

Lakukanlah olahraga ringan saat menjelang tidur, seperti bejalan kaki beberapa menit atau yang lainnya. Ini membantu metabolisme tubuh menjadi meningkat dan proses pembakaran lemak berlangsung secara maksimal.

Namun jangan sampai anda melakukan olahraga berat pada saat menjelang tidur karena ditakutkan akan mengganggu kesehatan jantung.

4. Matikan lampu

Menurut salah satu penelitian yang dilakukan di Amerika mengungkapkan bahwasanya tidur di tempat yang gelap 20% akan mencegah kita dari kegemukan bila dibandingkan tidur di kamar yang terang.

Ini dikarenakan cahaya dapat mengganggu kinerja melatonin yang dapat membuat kita tidur nyenyak. Dengan mematikan lampu menjelang tidur maka produksi melatonin dalam tubuh akan meningkat sehingga tidur kita akan berkualitas.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat agar kita bisa mendapatkan berat badan ideal yang diimpi-impikan selama ini.



  • Artikel (Diet)dari kategori yang sama



    削除
    Cara Menurunkan Berat Badan Agar Ideal Dan Proporsional