God Is My Boss

Antara Dunia, Manusia dan Tuhan

Cara Menyembuhkan Alergi Kulit Dengan Mudah

Kesehatan

Banyak orang Indonesia yang salah dalam mendefinisikan alergi. Mereka mengira bahwasanya alergi yang dialami oleh seseorang tersebut merupakan suatu penyakit, padahal sebenarnya bukan.

Alergi merupakan bentuk respon dari sistem kekebalan tubuh kepada benda asing yang sebenarnya tidak membahayakan tubuh. Imun tubuh memang sangat sensitif untuk melindungi tubuh dari hal-hal yang menurutnya berbahaya.

Setiap seseorang memilikii sistem kekebalan tubuh yang mudah bereaksi terhadap apapun, termasuk alergi. Dia mengira bahwa zat yang masuk atau menyentuh tubuh tersebut berbahaya. Dalam dunia medis, istilah untuk penyebutan faktor penyebab alergi ini disebut alergen.

Gejala yang disebabka oleh alergen ini banyak sekali. Dan yang paling sering dirasakan oleh para penderita alergi adalah rasa gatal, ruam pada kulit, kulit memerah, sesak tenggorokan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penyebab Alergi Yang Dialami Seseorang

Berikut dibawah ini beberapa penyebab dari timbulnya alergen yang dialami seseorang. Diantaranya adalah :

•Faktor makanan. Ini biasanya disebabkan oleh jenis makanan seperti seafood, kacang-kacangan, susu, dan yang lainnya. Gejala yang muncul berupa perut muntuh, diare, kulit gatal, ruam pada bagian tubuh dan lainnya.
•Hewan. Ada orang yang mengalami alergi kulit dikarenakan gigitan serangga, bulu binatang dan yang lainnya. Biasanya dapat menyebabkan alergi pembengkakan, kemerahan, menimbulkan rasa nyeri dan ruam.
•Keturunan. Ada sebagian orang yang mewarisi alergi dari orang tuanya. Biasanya jika ada anggota keluarga yang mengidap alergi maka akan ada anggota keluarga lainnya yang juga akan mengalami alergi. Resiko ini 75% disebabkan oleh orang tua.

Cara Menyembuhkan Alergi Dengan Jus

Untuk mengobati alergi ini sebenarnya tidak ada resep khusus. Ini dikarenakan setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda. Dan tentunya anda bisa mengatasi masalah alergi ini dengan mengonsumsi buah-buahan. Ini tentu cara paling aman bila dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dalam jangka panjang menimbulkan efek samping.

Sebagai cara menyembuhkan alergi kulit alternatif maka Anda bisa mencoba menggunakan buah-buahan. Anda bisa menjadikan minuman jus yang menyegarkan. Selain terasa enak dan lezat, jus buah juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

1. Jus apel, wortel dan jahe

Cara pertama yang bisa Anda coba di rumah untuk mengatasi masalah alergi adalah dengan buah apel, wortel dan jahe. Kombinasi ketiga bahan ini sangat efektif mengatasi gatal dan ruam yang disebabkan oleh alergi.

•Siapkan 300 gram apel, 100 gram labu kuning, 100 gram wortel dan jahe parut setengah sendok
•Blender semua bahan kecuali jaht hingga halus
•Jika telah halus, tambahkan jahe dan kemudian haluskan lagi dengan diblender
•Minum jus segar ini setiap hari secara rutin dan teratur hingga alergi yang anda alami bisa hilang

2. Wortel dan apel

Resep yang kedua hampir sama dengan resep yang pertama, hanya saja tidak menggunakan jahe. Cara mengolahnya juga sama saja yaitu dengan dijadikan minuman jus yang menyegarkan.

3. Buah mengkudu

Buah mengkudu atau yang populer dengan sebutan buah pace dan buan noni juga memiliki kandungan senyawa yang memiliki kemampuan untuk mengobati alergi kulit. Caranya adalah dengan menyediakan 2 buah mengkudu dan belimbing wuluh secukupnya. Blender hingga halus dan kemudian minum sebagai jus.

4. Bengkoang

Manfaat buah bengkoang bagi kesehatan tubuh memang sangat banyak. Salah satunya adalah bisa dijadikan ramuan mengatasi alergi. Cara membuat jus bengkoang juga sangat mudah.

Kombinasikan bengkoang dengan lobak, cabai merah, seledri, air perasan jeruk nipis dan es batu. Rasanya memang agak aneh dan nano-nano. Namun khasiatnya sangat ampuh untuk menghilangkan alergi yang menyerang tubuh.

5. Semangka dan jeruk

Kombinasi antara buah semangka dan buah jeruk juga bisa Anda pakai untuk pengobatan alami alergi. Cara membuatnya seperti biasa. Dan minum 2 kali sehari secara rutin dan teratur.

Itulah beberapa resep minuman jus yang bisa Anda konsumsi secara rutin untuk mengatasi masalah alergi pada kulit. Dan yang terpenting, hindari semua penyebab yang dapat menimbulkan alergi agar tubuh sehat dan tidak mengganggu aktifitas keseharian Anda.


Tag :alergi

  • Artikel (Kesehatan)dari kategori yang sama



    削除
    Cara Menyembuhkan Alergi Kulit Dengan Mudah