God Is My Boss

Antara Dunia, Manusia dan Tuhan

Cara Menghitung Usia Kehamilan

tips & info

cara menghitung usia kehamilan


Para ibu hamil harus tau dan mengerti cara menghitung usia kehamilan. Dengan mengetahui masa kehamilan tersebut maka ibu hamil bisa tau akan perkembangan janin yang dikandungnya. Selain itu, para bunda juga bisa mengerti makanan apa saja yang dibutuhkan oleh janin serta larangan apa saja yang harus dihindari.

Dan yang paling penting dengan mengetahui usia kehamilan, maka ibu yang sedang hamil bisa tau kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan. Sehingga dengan begitu kehamilan janin yang dikandung tersebut bisa terus sehat tanpa mengalami kendala apapun.

Biasanya yang dilakukan oleh pasangan suami istri yang sedang menunggu kelahiran momongan akan bertanya ke bidan untuk mengetahui dengan pasti usia kehamilannya. Hal ini memang sangat disarankan karena bidan atau dokter kandungan memang ahlinya.

Cara lain untuk mengetahui usia kehamilan adalah dengan melakukan pemeriksaan USG. Tingkat keakuratan USG sangat tinggi dan Anda juga bisa mengetahui ukuran dan bentuk tubuh janin yang dikandung. Seperti panjang tubuh janin, organ jantung janin, ukuran badan, berat badan janin dan yang lainnya.

Tapi bagi para ibu yang ingin mengetahui cara menghitung usia kehamilan sendiri tidak ada salahnya. Berikut dibawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan dan tentunya dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

Baca Juga : Madu Penyubur Pria Wanita

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Akurat

Dengan menghitung usia kehamilan sendiri maka kita bisa menghemat biaya yang dikeluarkan. Sebaiknya biaya tersebut ditabung untuk proses persalinan dan kebutuhan baby nantinya. Cara penghitungannya juga sangat mudah. Silahkan simak selengkapnya.

1. Berdasarkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh para wanita yang memiliki siklus haid lancar dan normal, berkisar antara 28 hingga 30 hari. Nanti cara menghitungnya menggunakan rumus Neagle. Selain dapat menghitung usia kehamilan dengan tepat, rumus neagle ini juga dapat dipakai untuk menentukan hari perkiraan lahir.

Cara menghitung usia kehamilan menggunakan rumus ini adalah dengan menambah nomor 7 pada hari pertama setelah menstruasi, kemudian bulannya dikurangi 3 dan tahunnya ditambah 1. Khusus untuk bulan yang tidak dapat dikurangi 3 seperti januari, februari dan maret, maka Anda bisa menambahkan 9.

Agar lebih mudah kita praktekkan dalam bentuk contoh. Misal HPHT Anda tepat pada tangga 15 Mei 2017, maka cara menghitungnya adalah :

•Tanggal 15 + 7 = 22
•Bulan 5 – 3 = 2
•Tahun 17 + 1 = 18
Jadi perkiraan hari lahirnya janin yang dikandung pada tanggal 22 - 2 - 2018

Jadi cara menghitung usia kehamilan dalam bulan bisa memperkirakan setiap tanggal 22. Jadi pada bulan berikutnya tanggal 22 Juni 2017 usia kehamilan sudah menginjak 1 bulan. Tanggal 22 Juli 2017 usia kehamilan sudah 2 bulan dan begitu seterusnya.

2. Tinggi Puncak Rahim

Cara penghitungan berikutnya adalah dengan melihat jarak antara puncak tertinggi rahim dengan tulang kemaluan. Anda bisa mengukurnya menggunakan jari tangan. Jika jaraknya 4 jari tangan maka perkiraan usia kehamilan adalah 4 minggu. Tapi cara menghitung usia kehamilan dengan metode ini sangat jarang dilakukan.

3. Menggunakan Kalkulator Kehamilan Online

Metode ini juga sering dilakukan oleh para ibu yang ingin mengetahui usia kehamilannya dengan akurat. Selain simple dan mudah penggunaannya, kalkulator kehamilan ini juga mudah diakses secara online tanpa harus ribet pergi ke dokter kandungan atau bidan.

Tapi Anda juga harus mempersiapkan data-data yang nantinya dibutuhkan saat menggunakan kalkulator tersebut. seperti periode menstruasi, tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT) dan yang lainnya.

Itulah beberapa cara menghitung usia kehamilan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa bantun ahli kandungan seperti bidan dan dokter. Bisa dibilang tingkat akurasinya juga lumayan. Tapi jika Anda masih ragu atau kurang yakin, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan USG ke dokter. Karena selain dapat mengetahui usia kehamilan dengan pasti, Anda juga dapa mengetahui jenis kelamin janin yang dikandung serta perkembangan kesehatannya.



  • Artikel (tips & info)dari kategori yang sama
    Oleh-Oleh Haji Dan Umroh
    Oleh-Oleh Haji Dan Umroh(2018-03-30 13:58)




    削除
    Cara Menghitung Usia Kehamilan