God Is My Boss

Antara Dunia, Manusia dan Tuhan

Daftar Makanan Penambah Stamina Dan Energi Tubuh

Kesehatan

Setiap harinya tubuh manusia selalu membutuhkan energi untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Peranannya sangatlah penting dan harus dipasok setiap hari. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi supaya energi bisa bertambah secara maksimal.

Salah satu sumber energi adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Dan tentunya harus terjadwal yang baik.

Meskipun jadwal harian kita sangatlah sibuk, janganlah sekali-kali meninggalkan makan dan minum. Sebab asupan harian tubuh harus terpenuhi dengan baik. Janganlah mengkonsumsi makanan cepat saji karena kandungan yang terdapat didalamnya tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

Jenis Makanan Penambah Stamina Tubuh

1. Quinoa

Ini adalah jenis makanan sereal dan menjadi makanan pokok di amerika selatan dan India. Di dalam quinoa atau kinoa terdapat kandungan asam amino esensial, serat, mineral dan beragam jenis vitamin. Dengan mengkonsumsi kinoa maka stamina tubuh akan bertambah dengan baik.

2. Daging dan Ikan

Makanan penambah stamina yang berikutnya adalah daging dan ikan. Anda bisa mengkonsumsi daging sapi atau daging ayam serta berbagai macam jenis ikan. Semua makanan tersebut mengandung protein yang tinggi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan serat dalam daging juga sangat tinggi sehingga akan membuat merasa kenyang tahan lama.

3. Kacang-kacangan

Beragam jenis kacang-kacangan juga menjadi makanan penambah stamina bagi tubuh. Selain itu, kandungan mineral dan zat besi di dalamnya dapat memaksimalkan produksi sel darah merah. Fungsi sel darah merah inilah yang dapat membawa oksigen ke otot sehingga energi akan tersebar dengan baik.

4. Sayuran hijau

Pasti sudah banyak yang mengetahui bahwasanya sayur-sayuran sangat menyehatkan tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi sayuran setiap hari menjadikan energi dalam tubuh terus meningkat.

5. Sarang semut papua

Jenis tanaman yang satu ini juga sangat efektif untuk menambah stamina tubuh. Di dalam sarang semut terdapat beberapa kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh supaya tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Tumbuhan herbal yang satu ini sudah banyak diperjualbelikan di Indonesia. Harga sarang semut per kilonya cuma sekitar 100.000 rupiah saja. Atau anda juga bisa membeli sarang semut yang sudah dikemas menjadi teh atau kapsul.

6. Buah pisang

Di dalam buah pisang terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Sehingga pisang menjadi sumber energi. Anda sebaiknya mengkonsumsi buah pisang 2 jam sebelum melakukan aktifitas yang berat. Manfaat pisang lainnya adalah dapat membantu meningkatkan konsentrasi agar bisa fokus.

7. Buah anggur

Zat penting dalam buah anggur adalah resveratrol. Kegunaannya adalah untuk menyediakan energi bagi tubuh. Dan yang paling penting adalah kandungan gula dalam buah anggur sangatlah sedikit sehingga menjadi penambah energi dengan cepat.

Tips Penting Untuk Menjaga Stamina Tubuh Agar Stabil

Salah satu hal yang bisa dilakukan agar stamina tubuh tidak mudah drop adalah dengan sering melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Dengan berolahraga maka itu akan melatih otot agar bisa bekerja secara maksimal. Sehingga ketika kita melakukan pekerjaan yang berat maka tidak akan mudah lelah dan tidak mudah capek.

Anda juga bisa menjaga stamina tubuh agar tetap stabil dengan memberikan waktu istirahat yang berkualitas bagi badan. Setidaknya lakukan istirahat 7-8 jam setiap hari. Jika tubuh kurang tidur maka akan sering merasakan lelah sebab otot dan organ tubuh juga tidak istirahat.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar stamina tubuh tetap terjaga dan tubuh tidak mudah sakit. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan menjauhi hal-hal yang dapat mendatangkan masalah bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Diantara hal yang tidak baik tersebut adalah begadang, merokok, mengkonsumsi alkohol, makan makanan fast food dan seat food yang berlebihan, minuman bersodan dan berkaleng dan hal lainnya.

Kesehatan tubuh merupakan investasi masa depan. Tentunya Anda tidak mau kan jika mengalami sakit? Semoga artikel yang singkat ini bisa menambah wawasan kita akan kesehatan yang memang penting dan harus terus dijaga dengan baik. Lebih baik mencegah daripada menyembuhkan. Iya kan?



  • Artikel (Kesehatan)dari kategori yang sama



    削除
    Daftar Makanan Penambah Stamina Dan Energi Tubuh