God Is My Boss

Antara Dunia, Manusia dan Tuhan

Oleh-Oleh Haji Dan Umroh

tips & info

oleh-oleh haji dan umroh


Salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh para muslim adalah menunaikan ibadah haji dan umroh. Ini wajib bagi yang mampu, baik secara fisik maupun finansial. Dan jika dari segi finansial belum mampu, maka Anda bisa melakukan ibadah umroh terlebih dahulu.

Ibadah haji dan umroh banyak memiliki keutamaan dan tentunya banyak pahala yang akan didapatkan oleh orang-orang yang mampu melaksanakannya.

Berbicara mengenai haji dan umroh tentu sangatlah menarik, salah satu yang ditunggu oleh keluarga di rumah adalah oleh-oleh. Nah, dibawah ini kami akan berikan beberapa jenis oleh-oleh haji dan umroh sebagai referensi bagi Anda yang ingin berangkat ke Tanah Suci. Harganya juga tidak terlalu mahal dan cara membawanya sangat praktis.

Macam-Macam Oleh-Oleh Haji Dan Umroh

1. Gamis khas timur tengah

Jenis oleh-oleh haji dan umroh yang pertama adalah baju dari timur tengah berupa gamis. Di Mekah dan Madinah banyak sekali macam-macam gamis khas timur tengah yang dijual dan memang khusus untuk oleh-oleh.

Jadi luangkan waktu untuk berbelanja sana. Sebenarnya di Indonesia juga ada baju khas timur tengah tersebut, tapi rasanya kurang sreg aja jika belanja di Tanah Air. Yang namanya oleh-oleh kan memang harus didapatkan dari negara yang kita kunjungi.

2. Kacang arab

Oleh-oleh haji dan umroh yang berikutnya adalah kacang. Kacang arab yang paling populer dan banyak dibeli oleh orang-orang yang melaksanakan haji dan umroh adalah yang jenis futsuk. Rasanya yang gurih agak kemanisan membuat orang-orang ketagihan, khususnya para masyarakat Indonesia.

Selain bercitarasa lezat dan nikmat, khasiat kacang arab ini juga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Biasanya kacang arab dihidangkan untuk para tamu yang sedang berkunjung ke rumah orang yang baru datang dari Tanah Suci.

3. Kismis arab

Salah satu oleh-oleh yang populer adalah kismis arab. Selain harganya yang cukup murah, cara membawanya juga sangat praktis dan tidak menyesakkan bagasi.

Tapi jika Anda ingin membeli kismis arab di Indonesia juga tersedia banyak. Kualitasnya juga tidak kalah jauh dengan yang dijual di negara Arab sana.

4. Kurma

Oleh-oleh wajib dari Tanah Suci berikutnya adalah buah kurma. Rasanya kurang afdol jika datang dari haji dan umroh tapi tidak menyuguhkan kurma kepada para tamu yang berkunjung. Hampir semua orang yang melaksanakan haji dan umroh pasti membawa kurma.

Ada beragam jenis kurma yang bisa Anda pilih, mulai dari kurma basah, kering dan lainnya. Dan yang paling banyak dipilih oleh para jemaah haji dan umroh adalah kurma basah.

5. Air zam-zam

Berikutnya adalah air zam-zam. Semua pasti sudah tau bahwasanya air zam-zam memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh. Air zam-zam ini sudah sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Kandungan mineralnya yang sangat tinggi menjadikan air ini manjur sebagai obat segala jenis penyakit.

6. Madu arab

Di negara arab juga ada beragam jenis madu yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang atau keluarga terdekat. Harganya juga sangat terjangkau. Jenis madu arab asli yang paling terkenal adalah Madu Al Shifa Natural Honey. Kualitas madu ini jauh lebih bagus bila dibandingkan dengan madu yang ada di Indonesia.

7. Coklat arab

Coklat juga bisa Anda jadikan oleh-oleh sehabis pulang dari Tanah Suci. Rasanya sangat lezat. Ada jenis coklat kurma dan ada juga jenis coklat almond. Anda tinggal pilih sesuai selera untuk dihadiahkan kepada keluarga tercinta.

8. Sajadah

Oleh-oleh haji dan umroh yang juga sangat praktis dan murah meriah adalah sajadah. Ada banyak pilihan warna dan motif. Menghadiahkan sajadah kepada orang di rumah tentu bukan hanya membuat mereka bangga, Anda akan mendapatkan pahala yang terus mengalir saat sajadah tersebut digunakan untuk ibadah.

Selain yang disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi jenis oleh-oleh haji dan umroh. Diantaranya adalah mukena, tikar arab, songkok dan yang lainnya. Yang terpenting belilah oleh-oleh yang harganya terjangkau agar semua bisa kebagian.

Itulah referensi oleh-oleh yang bisa Anda beli di Tanah Suci. Semoga artikel ini bermanfaat dan haji atau umroh Anda diterima oleh Allah SWT. Amien.


  • Artikel (tips & info)dari kategori yang sama

    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.


    削除
    Oleh-Oleh Haji Dan Umroh
      Komentar(0)