God Is My Boss

Antara Dunia, Manusia dan Tuhan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Kecantikan

cara mengatasi rambut rontok


Dan bertambahnya umur yang semakin tua, banyak para pria yang mengalami kerontokan rambut. Dengan kenyataan tersebut, bisa jadi salah satu penyebab rambut rontok adalah karena faktor usia. Namun selain umur, ada beberapa faktor lagi yang menyebabkan rambut rontok dan orang mengalami kebotakan.

Diantara penyebab rambut rontok lainnya adalah karena kurangnya gizi dan nutrisi pada rambut, karena penuaan, adanya hormon pada rambut yang tidak seimbang, pengaruh stress, faktor keturunan, menderita penyakit tertentu dan beberapa faktor lainnya.

Tapi bagi anda yang mengalami rambut rontok tidak usah risau dan gelisah, sebab kami akan membahagikan tips ampuh cara mengatasi rambut rontok pada pria dan wanita yang masih berusia muda.

Anda bisa mempraktekkan tips mengobati rambut rontok dengan telaten dan teratur agar rambut bisa tumbuh lebat kembali seperti sediakala.

Tips Untuk Mencegah Agar Rambut Tidak Rontok

Sebelum membahas bahasan inti cara mengatasi rambut rontok, sebaiknya anda juga harus mengetahui bagaimana cara mencegah agar rambut tidak rontok. Ini upaya pencegahan sebelum anda mengalami masalah yang satu ini.

1. Saat rambut masih basah maka perlakukan dengan lembut dan perlahat. Hindari menggosok-gosok dengan kasar karena saat rambut masih basah sangat rentan terhadap kerontokan.
2. Lakukan pijatan pada kulit kepala secara rutin dan teratur. Ini untuk memperlancar aliran darah sehingga akar rambut akan semakin sehat dan terbebas dari kerontokan.
3. Jangan terlalu sering mengikat rambut, apalagi dengan ikatan yang cukup ketat. Ini dapat membuat rambut tertarik sehingga melukai akar rambut.
4. Kurangi pemakaian hair dryer karena ini justru menjadi penyebab rambut rontok. Rambut yang terlalu kepanasan karena pengering tersebut membuat akarnya menjadi rapuh dan tidak bisa tumbuh sempurna lagi.
5. Saat anda keramas maka gunakanlah air dingin, jangan menggunakan air hangat

Cara Supaya Rambut Selalu Sehat

Pada intinya, perlakukan rambut dengan baik dan benar karena pertumbuhan rambut ini sangat penting. Pada pangkalnya terdiri dari akar yang juga membutuhkan protein agar bisa tumbuh dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan nutrisi rambut tercukupi dengan baik, terutama asupan protein pada akar rambut. Dan yang kedua adalah berikan vitamin yang banyak agar pertumbuhan rambut bisa maksimal.

Diantara vitamin yang dibutuhkan oleh rambut adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E. Semua vitamin yang disebutkan tersebut sangat penting untuk perawatan rambut agar sehat dan terbebas dari kerontokan.

Dan yang terakhir adalah kebutuhan zaat besi. Jika rambut kekurangan zat besi maka akan rapuh sehingga akan mengalami kerontokan. Seperti contoh ketika seorang wanita menderita penyakit anemia maka rambutnya akan mudah rontok, itu dikarenakan wanita tersebut kekurangan zat besi.

Dengan rutin berolahraga juga menjadi hal wajib dilakukan. Selain berfungsi untuk menyehatkan organ tubuh, olahraga juga dapat menyehatkan rambut. Dengan berolahraga secara teratur maka itu membantu menstimulasi kulit kepala.

Dan bagi anda yang memiliki kulit kering maka sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi atau makanan yang banyak mengandung kafein. Sebab kandungan kafein itu dapat mengurangi nutrisi yang berada di dalam akar rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

1. Menggunakan lidah buaya

Gel yang terdapat di dalam batang daun lidah buaya menjadi obat alami penumbuh rambut yang sangat efektif dan ampuh. Cara pemakaiannya adalah dengan langsung mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala secara rutin dan perlahan.

Lakukan pijatan selama beberapa menit agar kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam gel tersebut bisa meresap ke dalam akar rambut. Gel lidah buaya ini juga sangat ampuh untuk mengatasi rambut yang berketombe.

Yang terakhir adalah bilas rambut menggunakan air dingin. Lakukan perawatan rambut dengan lidah buaya ini setidaknya 2 kali dalam seminggu agar bisa mendapatkan hasil yang signifikan.

2. Memakai minyak kelapa

Bahan alami yang juga ampuh mengatasi rambut rontok dan ketombe adalah minyak kelapa. Beberapa jenis minyak yang sangat disarankan oleh para pakar kecantikan untuk perawatan rambut adalah minyak levender, minyak jojoba dan minyak almond.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok serta tips agar terhindar dari rambut rontok. Perawatan rambut memang perlu dilakukan secara berkala agar masalah pada rambut tidak timbul. Semoga bermanfaat.


Tag :rambut

  • Artikel (Kecantikan)dari kategori yang sama



    削除
    Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami