God Is My Boss

Antara Dunia, Manusia dan Tuhan

Cara Mengobati Sakit Demam Secara Alami

Kesehatan

sakit demam


Demam atau sakit panas menjadikan tubuh menggigil. Para penderita demam biasanya merasakan kondisi badan yang tidak fit serta tidak memiliki tenaga sama sekali sehingga kita harus menyediakan waktu untuk beristirahat lebih banyak.

Bagi Anda yang setiap harinya memiliki aktifitas tinggi dengan mobilitas yang padat, tentu demam ini menjadi sebuah masalah yang serius. Banyak pekerjaan yang akan terbengkalai, seperti pekerjaan kantor, tugas sekolah dan yang lainnya.

Untuk mengobati demam ini biasanya orang akan pergi ke dokter dan akan diberikan obat tertentu atau disuntik untuk meredakan sakit panas tersebut. Lalu, apakah ada obat demam alami yang tradisional dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh?

Beberapa Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Demam

Di zaman modern yang serba canggih ini, banyak orang yang lebih mengandalkan obat kimia yang dibeli dari apotik untuk menyembuhkan demam. Diantara obat demam tersebut adalah ibuprofen dan parasetamol.

Banyak orang yang tidak tau, bahwasanya obat demam tradisional juga tidak kalah efektif jika dibandingkan obat-obatan kimia tersebut. Sebut saja seperti kunyit dan bawang putih. Keduanya sangat efektif menurunkan panas demam

Keuntungan memilih obat alami adalah kita lebih meminimalisir efek samping yang akan terjadi. Jadi tidak ada salahnya anda harus mengetahui beberapa bahan alami yang cocok untuk mengobati demam.

1. Lempuyang Emprit

Dalam bahasa latin obat ini disebut zingiber amaricans. Di dalam lempuyang emprit ditemukan kandungan minyak atsiri yang efektif dan ampun menurunkan sakit panas.

Bahan yang biasa digunakan pada lempuyang emprit adalah rimpang yang berwarna putih dan rasanya cukup pahit. Cara membuat obat demam dari lempuyang emprit adalah :

•Siapkan 10 gram umbi lempuyang emprit, kemudian cuci hingga bersih dan parut sampai halus.
•Tuangkan 1 gelas air panas pada hasil parutan lempuyang emprit tersebut, lalu aduk sampai merata.
•Biarkan hingga dingin, setelah itu peras dan ambil saripatinya
•Agar rasanya lebih enak dan mantap maka tambahkan 2 sendok madu asli
•Konsumsi ramuan ini 3 kali dalam sehari supaya demam cepat turun normal kembali

2. Kunyit

Curcuma longa atau kunyit juga menjadi bahan herbal yang ampuh mengatasi sakit demam. Beberapa kandungan dalam kunyit yang efektif menurunkan sakit panas adalah turmeron, minyak atsiri, zingiberen dan curcumin.

Semua senyawa tersebut bermanfaat sebagai antioksidan, antibakteri dan antiinflamasi. Selain itu, ramuan dari kunyit ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar kebal terhadap penyakit.

•Ambil 10 gram kunyit, bersihkan lalu parut hingga halus
•Tambahkan 1 gelas air panas lalu sampai campur merata
•Setelah dingin, tambahkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis dan 2 sendok madu murni
•Konsumsi ramuan ini secara rutin hingga deman yang Anda alami menjadi normal kembali

3. Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggat atau orang jawa menyebutnya bawang putih lanang juga bisa dijadikan obat herbal untuk menurunkan sakit panas. Manfaat bawang lanang ini sangat banyak bagi tubuh karena didalamnya terdapat antioksidan alami yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Caranya adalah dengan menyipkan bawang putih yang sudah dikupas hingga bersih. Kemudian campurkan dengan madu dan simpan dalam botol yang diletakkan di dalam kulkas.

Simpan botol tersebut selama 1 minggu. Dan saat demam menjangkiti tubuh maka kunyah bawang putih tunggal tersebut sebanyak 2 siung dalam sehari. Jika rutin dan teratur, maka demam akan reda dengan sendirinya.

4. Pegagan

Tumbuhan ini juga biasa disebut daun kaki kuda dan cara tumbuhnya dengan merayapi tanah. Warnanya hijau dan mengandung saponin, vellarine, triterpenoid dan hydrocotyline.

Selain berfungsi sebagai obat demam, pegagan juga dapat memperbaiki jaringan tubuh dan penambah nafsu makan.

Caranya adalah cuci bersih daun pegagan yang baru dipetik dan masih segar, lalu rebus dengan 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa hingga 1 gelas. Konsumsi ramuan tersebut selagi masih hangat.

5. Sambiloto

Bahan alami yang satu ini memang banyak memberikan manfaat dalam dunia kesehatan. Di dalamnya terdapat kandungan flavonoid, glucosides, diterpene dan andrografolid lactones.

Tingkat keampuhan tanaman sambiloto ini menyamai parasetamol. Ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan di Thailand pada tahun 1991.

Cara pembuatannya adalah dengan mengambil 10 gram daun sambiloto, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Tunggu sampai air tersisa setengahnya saja.

Saat sudah hangat, konsumsi rebusan daun sambiloto tersebut. Untuk mendapatkan rasa yang lebih enak dan segar maka Anda bisa menambahkan madu murni.

Itulah beberapa obat herbal yang berfungsi sebagai penurun panas demam. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, obat tradisional demam tersebut juga aman tanpa efek samping negatif terhadap kesehatan tubuh.


Tag :demam

  • Artikel (Kesehatan)dari kategori yang sama



    削除
    Cara Mengobati Sakit Demam Secara Alami