God Is My Boss

Antara Dunia, Manusia dan Tuhan

Manfaat Beras Merah Untuk Diet

tips & info

manfaat beras merah untuk diet


Salah satu konsumsi makanan yang biasa dimakan oleh sebagian besar masyarakat indonesia adalah beras putih. Namun, apakah anda sudah tau kalau dibalik rasa lezat nasi putih tersebut banyak mengandung gula yang tidak baik bagi kesehatan tubuh? Iya, meskipun rasa nasi beras putih itu lemak dan pulen, nasi putih tidak terlalu baik bagi kesehatan karena beras putih memiliki serat yang rendah dan tinggi kalori.

Nasi beras putih juga kurang baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan karena kurang bekerja secara maksimal. Lalu bagaimana caranya agar program diet sehat bisa terus berjalan lancar, sementara tubuh terus ingin asupan nasi? Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mengganti asupan makanan beras putih menjadi beras merah.

Kandungan beras merah ini lebih unggul dari beras putih. Beras merah kaya akan serat dan rendah kalori. Itulah sebabnya nasi beras merah selalu menjadi idola makanan pokok para pejuang diet sehat. Pada intinya, untuk melakukan diet menurunkan berat badan Anda tidak harus tidak makan dan cuma mengkonsumsi jus dan air putih saja. Anda tetap bisa makan nasi, yaitu dengan menu menurunkan berat badan dengan nasi merah tersebut.

Manfaat Beras Merah Untuk Diet Sehat

Menurut para ahli kesehatan, beras merah cocok dijadikan makanan alternatif pengganti nasi putih yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Terutama bagi Anda yang menginginkan berat badan yang ideal dan proporsional. Berikut beberapa keunggulan beras merah dibandingkan beras putih.

1. Kaya Akan Serat

Yang menyebabkan nasi beras merah banyak mengandung serat yang tinggi dikarenakan proses pengolahannya yang tidak membuang kulit ari. Serat ini berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit usus dan dapat menstabilkan gula darah. Kalori untuk mencerna kandungan serat ini juga membutuhkan lebih banyak sehingga sangat bagus untuk diet sehat.

2. Kenyang Lebih Lama

Serat merupakan karbohidrat komplek yang membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna. Sehingga beras merah akan betah tinggal di lambung dan saluran pencernaan sehingga membuat perut merasa kenyang lebih lama dibandingkan nasi putih. Ini berfungsi untuk mengontrol nafsu makan bagi para pejuang diet menurunkan berat badan.

3. Kalori Yang Sedikit

Salah satu peran penting dari kalori yang sedikit adalah dapat membantu memaksimalkan program diet Anda. Dalam setiap 100 gram beras merah hanya mengandung 110 kalori. Bila dibanding beras putih yang mengandung 129 kalori per 100 gramnya. Ini memang selisih yang sedikit, namun bila dilipatgandakan maka selisih kalori ersebut akan sangat terasa.

4. Indeks Glikemik

Indeks glikemik adalah proses pemecahan makanan dan proses penyerapan gula oleh tubuh. Beras merah mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga membutuhkan waktu yang lama oleh usus untuk mencernanya. Proses yang lama ini juga berfungsi untuk menstabilkan gula darah dan membuat perut tidak mudah merasa lapar. Setiap makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi maka akan membuat tubuh cepat kenyang, namun cepat lapar kembali dan efek sampingnya adalah dapat menaikkan kadar gula dalam darah

5. Kolesterol

Khasiat kandungan serat dalam beras merah ini juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dalam beras merah juga mengandung minyak baik yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Berbanding terbalik dengan beras putih yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan mengakibatkan gula darah meningkat.

6. Vitamin Dan Mineral

Kandungan nutrisi dalam beras merah sangatlah banyak seperti vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam beras merah membantu meregulasi hormon sehingga dapat menekan nafsu makan. Dan kandungan mineral dalam beras merah seperti niasin dan thiamin berguna untuk memproduksi sel baru dalam tubuh.

7. Antioksidan

Beras merah memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas agar terbebas dari penyakit kronis seperti kanker dan jantung. Antioksidan ini bertujuan untuk melindungi tubuh supaya tetap sehat dan tidak pernah terkena virus dan bakteri penyebab penyakit kronis.

Kesimpulannya, manfaat beras merah ini sangatlah banyak. Selain baik untuk kesehatan tubuh, mengkonsumsi nasi beras merah juga dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Ganti beras putih anda sekarang juga dengan menu diet nasi beras merah yang menyehatkan.



  • Artikel (tips & info)dari kategori yang sama
    Oleh-Oleh Haji Dan Umroh
    Oleh-Oleh Haji Dan Umroh(2018-03-30 13:58)




    削除
    Manfaat Beras Merah Untuk Diet