God Is My Boss

Antara Dunia, Manusia dan Tuhan

Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Kesehatan

khasiat jeruk nipis


Buah jeruk nipis sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, terutama para ibu-ibu yang sering menggunakannya sebagai bumbu masakan di dapur. Rasanya yang cukup masam menandakan kalau jeruk nipis ini banyak mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Bentuk jeruk nipis sedikit lebih kecil dari buah lemon. Dan pohon jeruk nipis dapat tumbuh sepanjang tahun di negara yang beriklim tropis. Selain vitamin C, ada beberapa zat dan senyawa lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalium dan magnesium.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Khasiat dari jeruk nipis bagi kesehatan tubuh sangat banyak sekali, salah satunya adalah untuk kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian membuktikan bahwa jeruk nipis dapat menurunkan kadar lemak di arteri koroner. Oleh sebab itu mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

Mengkonsumsi air jeruk nipis yang dicampur dengan air putih akan sedikit menenangkan pikiran kita yang seharian sudah disibukkan oleh pekerjaan. Oleh karena itu selepas anda bekerja dan pulang ke rumah, konsumsilah air perasan jeruk nipis yang dicampur air hangat sebelum tidur karena itu akan membantu membuat semua bakteri dan racun yang terdapat di dalam tubuh.

Manfaat jeruk nipis yang penting bagi para wanita yang kelebihan berat badan adalah untuk membantu proses diet sehat. Kandungan asam folat dalam jeruk nipis membantu membakar lemak yang bersarang di dalam tubuh kita sehingga proses menurunkan berat badan akan semakin mudah dan cepat.

Bagi ibu hamil yang sering drop dan mudah jatuh sakit maka mengkonsumsi air jeruk nipis dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan senyawa yang terdapat dalam jeruk nipis juga menjadi nutrisi yang baik perkembangan janin di dalam perut ibu hamil. Kalau untuk para waniya yang masih perawan, jeruk nipis ini bermanfaat untuk melancarkan haid.

Dan masih banyak lagi khasiat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh seperti mencegah tumbuhnya sel tumor, mengobati diabetes, mengobati asam urat, mengobati sakit gigi, mengobati batuk, menyeimbangkan kadar pH tubuh, menyehatkan penglihatan mata, mengobati maag, mencegah sembelit pada sistem pencernaan, mengobati amandel dan yang lainnya.

Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kecantikan

Bagi para wanita yang sangat perhatian terhadap penampilan, khususnya untuk merawat kulit dan rambut maka memakai jeruk nipis. Air dalam jeruk nipis yang banyak mengandung vitamin C dapat dijadikan masker wajah untuk menjadikan kulit lebih halus, cerah dan segar.

Selain itu dengan memakai masker air jeruk nipis dapat mencegah timbulnya jerawat di wajah, karena minyak yang terdapat pada wajah dapat dibuang secara alami.

Selain itu bekas jerawat yang berupa flek hitam juga dapat dibuang dengan cara meregenerasi sel kulit mati bekas jerawat tersebut. Bakteri dan kotoran yang menumpuk di pori-pori wajah akan hilang seketika dengan menggunakan terapi air jeruk nipis ini. Kulit pun akan lebih memancarkan keindahan dan lebih menarik karena terlihat lebih segar dan fresh.

Dan yang memiliki hubungan tidak baik dengan komedo juga dengan mudah bisa dibersihkan menggunakan jeruk nipis yang dicampurkan dengan madu murni. Ramuan alami ini bisa anda jadikan masker wajah setiap hari secara rutin sampai komedo dan bekas jerawat bisa hilang hingga ke akar-akarnya dan wajah jadi cerah.

Jeruk nipis juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Seperti memperkuat akar rambut agar terhindar dari kerontokan dan kebotakan, menghilangkan ketombe, mengatasi rambut bercabang dan menjadikan rambut berkilau indah. Anda tinggal memakai air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan minyak zaitun dan madu lalu oleskan ke seluruh rambut, diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan keramas hingga mengering.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari air jeruk nipis yang sangat banyak membantu mencegah timbulnya penyakit mematikan dan juga dapat mempercantik penampilan kita agar lebih percaya diri. Melakukan perawatan tidaklah harus ke dokter dengan biaya yang cukup mahal, cukup dengan memanfaatkan air perasan jeruk nipis ini maka semua bisa diatasi dan harganya pun murah meriah.

Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping negatif bagi tubuh, seperti migren dan sakit perut. Dan jika kulit sensitif maka sebaiknya hindari pemakaian air jeruk nipis pada kulit karena dapat membuat iritasi kulit dan kulit terasa terbakar.



  • Artikel (Kesehatan)dari kategori yang sama



    削除
    Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan